HOME

Senin, 10 Desember 2012

UTS sumber belajar

Alfiyan ghozali
S1 PTE

Elektro UM


UTS Sumber Belajar
Soal       :
1.      Bahas tentang pembelajaran berbantuan komputer beserta kelebihan dan kekurangan
2.      Buat sistem pembelajran berbasis audio video, lengkap dengan RPP yang sesuai (materi bebas)
3.      Anda diminta untuk megajarkan mata pelajaran  “DASAR ELEKTRONIKA” dimana  didalamnya ada keterampilan menggunakan instrumen (mengukur, memilih komponen & merangkai komponen berdasarkan skema tertentu). Tentukan sumber belajar yang paling cocok yang meliputi sumber belajar :
A.    Primer
B.     Sekunder
C.     Tersier

Jawab   :
1.      Yang dimaksud dengan Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK) adalah suatu pembelajaran yang mana komputer disini memiliki peran sebagai perantara yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan suatu materi atau bahan ajar, dalam hal ini komputer digunakan oleh guru dalam mempresentasikan bahan ajar untuk mendapatkan pembelajaran yang efektif, dalam penyampaiannya, seorang pendidik dapat menambahkan animasi atau hal2 lain dalam penyampaiannya yang dapat menarik perhatian peserta didik, sehingga dapat meningkatkan perhatian siswa untuk memperhatikan materi yang diajarkan oleh seorang pendidik.  Dalam pembuatan Pembelajaran Berbantuan Komputer, guru tersebut harus membuat RPP yang relevan dengan bahan ajar yang akan diajarkan, serta menyusun materi yang sesuai dengan RPP yang dibuat dan pada tahap akhir, seorang peserta didik di beri soal sebagai Evaluasi untuk mengetahui sejauh mana peserta didik tersebut dapat menyerap materi yang telah di sampaikan oleh pendidik tersebut.
Kelebihan    :
a.       Meningkatkan interaksi antara peserta didik dengan komputer.
b.      Dapat meningkatkan kecerdasan individual secara merata.
c.       Keevektivan biaya, karena PBK dapat dilakukan dimana saja.
d.      PBK dapat memotivasi belajar siswa dengan desain yang menarik.
e.      Cepat memberikan umpan balik dengan Evaluasi yang di berikan di akhir.
f.        Data yang disampaikan melalui komputer bisa langsung disimpan dan dipelajari di rumah dari pada apabila materi tersebut diterangkan oleh guru.

Kekurangan                :
a.       Membutuhkan biaya yang banyak untuk membeli hardware.
b.      Tergantung kemampuan membaca dari masing-masing individu.
c.       Butuh waktu lama untuk membuat tampilan PBK yang baik dan pengembangannya.
d.      Membutuhkan keterampilan khusus yang dimiliki guru dalam merancang PBK.
e.      Kemampuan belajar insidental yang harus dimiliki siswa menjadi terbatas.
f.        PBK hanya dapat merespon pada input-input tertentu.


2.      Sistem pembelajaran audio visual (video)
a.       Pendidik menyiapkan pembelajaran berupa materi temtang bahan ajar yang di tuangkan dalam bentuk gambar dan sebuah video/visual.
b.      Pesdrta didik di tunjukkan tentang indikator yang harus di kuasai pada mata pelajaran yang diajarkan.
c.       Pendidik melakukan penyajian materi melalui komputer dengan media berupa softfile baik gambar, video maupun suara
d.      Di akhir, pendidik memberikan penugasan pada siswa untuk membuat penyearah sebagai bahan evaluasi.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama sekolah             : SMK SA 1 Tebuirang
Mata Pelajaran          : Memahami Dasar Elektronika
Kelas/ Semester          : X  / Gasal
Pertemuan ke              : 4 ( keempat )
Alokasi Waktu            : 2 Jam pelajaran

Standar Kompetensi
·         Siswa mampu memahami dasar-dasar elektronika

Kompetensi Dasar
·         Memiliki pengetahuan , ketrampilan dan sikap dalam bagaimana cara memelihara memahami simbol komponen elektronika

Indikator
·         Peserta didik mampu memahami dan menguasai penggunaan dioda semikonduktor

I._Tujuan Pembelajaran , peserta didik diharapkan :
  1. Mampu memahami dan menjelaskan penyearah setengah gelombang
  2. Mampu membuat penyearah gelombang penuh

II.          Materi Pembelajaran
  1. Penggunaan dioda semikonduktor

III._ Metode

o   Audio Visual

o   ceramah

o   Diskusi

o   Penugasan / praktik

IV.    Langkah Pelajaran

·         Kegiatan Awal                                                                     

o   Pendahuluan dan penjelasan awal serta penyampaian materi

·         Kegiatan Inti
1.Presentasi bahan ajar tentang macam-macam komponen penyearah dengan menggunakan media gambar dengan suara.(15 menit).

2.Presentasi bahan ajar tentang macam-macam penyearah dengan menggunakan media gambar dengan suara.(15 menit)

3.Presentasi bahan ajar tentang tentang prinsip kerja penyearah gelombang penuh dengan menggunakan gambar dan suara(15 menit)

4.Guru memutar video tentang bagaimana langkah-langkah dalam membuat penyearah setengah gelombang, gelombang penuh dan penyearah jembatan dan memberikan penugasan sebagai bahan evaluasi(45    menit).

Kegiatan Akhir
  1. Penulisan laporan hasil penugasan rangkaian dioda semikonduktor
V. Metode Pembelajaran
  1. Metode Resitasi
VI.   Alat dan bahan Sumber Belajar         
·         LCD
·         Komputer PC
·         Joobsheet penugasan
·         Akses Internet

VII._ Penilaian
·         Tes tertulis
·         Tes Formatif
·         Tes praktek


                              Mengetahui                                                    Jombang, 22 Oktober 2012

                          Kepala Sekolah                                                      Guru Mata Pelajaran









                 Drs. H. Ade Putra setiawan                                                 Alfiyan Ghozali

                  NIP. 1903837352 53673 8378                                        NIP. 1900534402722

3.      Sumber belajar yang digunakan dalam pelajaran Elektronika Dasar yang didalamnya ada keterampilan menggunakan instrumen (mengukur, memilih komponen & merangkai komponen berdasarkan skema tertentu). Adalah :

a.       Primer
Berdasarkan mata pelajaran yang ada pada pelajaran diatas, menurut saya sumber belajar yang paling cocok sebagai sumber belajar primer adalahtenaga pengajar, buku dan Jobsheet praktikum.

b.      Sekunder
Yang cocok sebagai sumber belajar sekunder pada mata pelajaran sekunder adalah materi yang di peroleh peserta didik dari tutorial, video animasi atau program-program penunjang praktikum seperti eagle, proteus, multisim, circuit wizard dll.

c.       Tersier
Dalm hal ini sumber belajar yang masuk dalam sumber belajar tersier adalah internet, kare hal ini bisa diperluhkan dan bisa juga tidak (tergantung intruksi dari guru).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar